13 June 2008

Yuk, Mengurai Benang!

Ini dia cara tepat mengurai benang kusut biar ngga tambah kusut:
1. Jangan mengambil benang yang paling bawah. Maksudnya, jangan mulai mengurai dari masalah yang sudah terlalu lama ditumpuk. Ini malah akan bikin kita kesal sendiri karena akan bertautan dengan benang-benang lainnya.
2. Pilih masalah yang paling gress, tulis topik permasalahannya di atas kertas. Dengan begitu, kita bisa melihat masalah yang sesungguhanya. Siapa sangka, ternyata masalah itu ngga seberat yang kita duga.
3. Mulailah membuat solusi dengan menuliskan berbagai macam alternative jalan keluar dari masalh yang ada. Tulis solusi dari yang paling mudah dikerjakan, sampai solusi tersulit atau ajaib untuk dikerjakan.
4. Kalau sudah mentok, jangan buru-buru menyimpannya kembali ke peti persembunyian kita, namun cobalah meminta bentuan teman sebagai masukan. Walaupun awalnya mungkin terasa risih dan memalukan, tapi kuatkan hati. Ynag penting masalah kita selesai dan nggak ngumpul jadi penyakit.
5. Kalau masih nggak berhasil juga, jangan langsung panic! Ada beberapa hal yang kadang memang belum bisa diurai saat tiu juga. Coba alihkan pikiran sebentar dengan memilih benang lain, untuk kita urai. Biasanya, setelah focus pikiran kita berpindah (menjauh dari titik awal) kita bissa melihat dan menemukan hal-hal lain yang tak pernah kita temukan sebelumnya.

0 comments: